Apa itu blockchain?

Blockchain merupakan teknologi yang belakangan ini semakin populer di dalam negeri. Tidak hanya dikalangan komunitas IT, tetapi teknologi blockchain juga kian familiar di kalangan masyarakat awam.

Penggunaan teknologi blockchain tidak bisa dilepaskan dari Bitcoin dan Cryptocurrency, meski ada banyak sektor yang bisa memanfaatkan teknologi ini.

Lantas, apa sih sebenarnya blockchain itu? Apa yang mampu membuat teknologi ini spesial dan banyak diperbincangkan saat ini?

Untuk menjawab berbagai pertanyaan tersebut, mari kita simak bersama-sama artikel penjelasan seputar teknologi blockchain berikut ini.

APA ITU BLOCKCHAIN??

Blockchain adalah sebuah teknologi yang digunakan sebagai sistem penyimpanan data digital yang terhubung melalui kriptografi.

Jika dilihat dari sistem penamaanya, blockchain sendiri terdiri dari dua kata, yakni block yang berarti kelompok, dan chain atau rantai. Dengan kata lain Blockchain itu sebagai buku besar digital, di mana setiap transaksi akan dicatat langsung dan diamankan di banyak database yang tersebar luas di computer.

Baca Juga :

Blockchain ini merupakan salah satu teknologi yang tidak menggunakan pihak ketiga dalam suatu proses pertukaran data yang dalam hal ini terjadi pada proses transaksi.

Hal ini mencerminkan cara kerja blockchain yang memanfaatkan resource komputer untuk membuat blok-blok yang saling terhubung (chain) guna mengeksekusi sebuah transaksi.

Cara Kerja Blockchain

Secara gampang, cara kerja blockchain dimulai ketika sebuah blok menyimpan sebuah data baru. Sistem blockchain sendiri terdiri dari dua buah jenis record, transaksi dan blok. Uniknya, setiap blok berisi hash kriptografi sehingga membentuk jaringan.

Baca Juga :

Di sini, fungsi hash kriptografi adalah untuk mengambil data dari blok asal dan mengubahnya menjadi sebuah compact string. String ini menjadi alarm pendeteksi jika ditemukan adanya potensi sabotase. Teknologi blockchain juga terdesentralisasi, sehingga tidak ada satupun otoritas yang memiliki kendali penuh, melainkan terpecah ke setiap komputer yang sudah diinstal perangkat lunak khusus.

Sederhananya, jika Anda membeli sesuatu di toko dengan membayar menggunakan kartu debit, maka pihak toko akan percaya saldo yang anda masukkan sudah masuk ke rekening milik mereka. Nah, pihak ketiga yang dimaksud disini adalah perusahaan Bank yang sebagai penghubung pembeli dan penjual tersebut dalam bertransaksi menggunakan kartu debit tadi.

Namun bagaimana jika bank tersebut mengalami gangguan? Tentunya kita tidak bisa melakukan transaksi bukan?

Jelas sekali masalah tersebut akan membuat anda tidak bisa melakukan transaksi menggunakan bank. Hal ini terjadi saat ada permasalahan pada satelit yang digunakan oleh Bank BCA, hal ini menyebabkan beberapa transaksi atm tidak bisa bekerja dengan baik.

Nah, yang membedakan adalah sistem Blockchain tidak menggunakan pihak ketiga lagi sebagai pusatnya, namun menggunakan banyak pihak (organisasi) atau jaringan komputer yang tersebar di jaringan itu sendiri. Contohnya pihak ketiga itu adalah Bank yang akan mencatat semua transaksi financial yang mereka lakukan dalam suatu buku besar.

Baca Juga :

Hal ini sangat berguna untuk mencegah adanya pembobolan pada sistem, gangguan, mau pun masalah hal teknis pada salah satu pihak seperti hal tadi. Sehingga hal ini lah yang menjadi kekuatan utama dari Blockchain.

Teknologi Blockchain juga memberikan solusi untuk dapat mengurangi korupsial, dikarenakan data transaksi akan langsung ketahuan dikarenakan pihak publik dapat melihat history transaksi secara realtime.

Kira-kira menurut kamu gimana perkembangan hal ini untuk di Indonesia. Tentunya, terkait hal transaksi yang perlu kamu ketahui adalah aturan dan regulasi terhadap financial technology yang ada di Indonesia. Startup Fintech yang menggunakan teknologi Blockchain harus punya Data center di Indonesia juga bukan ?

Was this helpful?

{{ reviewsOverall }} / 5 Users (0 votes)
Review High0
What people say... Leave your rating
Сортировать:

Be the first to leave a review.

User Avatar User Avatar
Verified
{{{ review.rating_title }}}
{{{review.rating_comment | nl2br}}}

На этот отзыв еще нет ответов.

Avatar
Show more
Show more
{{ pageNumber+1 }}
Leave your rating

Your browser does not support images upload. Please choose a modern one

Please rate Stellar

0 / 5

Your page rank: